A. Standar Kompetensi
|
B.
Kompetensi
Dasar
|
Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan
nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
|
Mendeskripsikan nilai dan norma
yang berlaku dalam masyarakat
|
C.
Indikator
|
D. Tujuan
Pembelajaran
|
1.
Menjelaskan pengertian
nilai sosial
2.
Mengemukakan
ciri-ciri nilai sosial
3.
Mengemukakan
fungsi nilai sosial
4.
memberikan
contoh dari masing masing jenisi nilai
|
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu:
1. Menjelaskan
pengertian nilai sosial (C2/Fakta)
2. Mengemukakan ciri-ciri
nilai sosial (C1/ Fakta)
3. Mengemukakan
fungsi nilai sosial (C1/ Konsep)
4. Mencontohkan
masing masing jenis nilai (C2/ Konsep)
|
Materi Ajar
Aspek
|
Materi Ajar
|
Fakta
|
·
Bayu sudah
terbiasa membaca salam jika masuk ke rumah karena sudah diajarkan oleh orang
tua nya dari kecil
·
Sebagai seorang
muslim, Ali berpedoman kepada alquran untuk menjalankan ibadahnya
·
Alim melakukan
olahraga dipagi hari untuk menjaga kesehatan. Dan mengkonsumsi makanan
bergizi
·
Bagi pak ali
cangkul lebih berguna dari pada spidol karena pa kali seorang petani
|
Konsep
|
·
Nilai adalah
Pedoman dalam bertingkah laku ditengah masyarakat yang dianggap baik dan
benar
·
Cirri cirri
nilai sosial
a. Konstruksi masyarakat sebagai hasil interaksi sosial masyarakat
b. Ditransformasikan ditengah masyarakat
c. Merupakan bagian dari usaha pemenuhan kebutuhan dan kepuasan sosial
manusia
d. Konsensus sosial
e. Terbentuk melalui sosialisasi (proses belajar)
f. Membentuk pola dan sistem sosial
g. Punya pengaruh yang berbeda terhadap individu ditengah masyarakat
·
Fungsi nilai
sosial
ü Petunjuk arah dan Pemersatu
ü Benteng Perlindungan
ü Pendorong cita cita dan harapan kehidupan sosial
·
Jenis
a. Nilai material: nilai yang berguna bagi jasmani manusia
b. Nilai vital : nilai yang
berguna bagi manusia dalam menjalankan aktifitas
c. Nilai kerohanian : nilai yang
berguna bagi rohani manusia
|
Prinsip
|
Nilai dijadikan pedoman bertingkah laku agar tidak
terjadi penyimpangan sosial
|
|
|
KISI-KISI SOAL
Satuan Pendidikan : SMA Negeri ….
Mata
Pelajaran : Sosiologi
Kelas/’Semester : X/I
Pokok
Bahasan : Nilai Sosial
Pertemuan
|
Konsep Dasar
|
Tujuan Pembelajaran
|
|
No Soal
|
Jumlah
|
I
|
Pengertian nilai Sosial
|
Siswa mampu menjelaskan pengertian nilai sosial
|
C2/Fakta
|
1,2
|
2
|
Ciri ciri nilai sosial
|
Siswa mampu mengemukakan ciri-ciri nilai sosial
|
C1/Fakta
|
3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13,14,15,16
|
14
|
|
II
|
Fungsi nilai sosial
|
Siswa mampu Mengemukakan fungsi nilai sosial
|
C1/Konsep
|
17,18,19,20, 21,22
|
6
|
Jenis jenis nilai sosial
|
Mencontohkan masing masing jenis nilai.
|
C2/Konsep
|
23,24,25,26,27,28
|
6
|
|
Hubungan nilai sosial dengan
keteraturan sosial
|
Siswa mampu menjelaskan hubungan nilai sosial
dengan keteraturan sosial
|
C4/ Prinsip
|
29,30
|
2
|
CONTOH
SOAL
PETUNJUK SOAL
1. Bacalah
soal dengan cermat dan tekun
2. Silangi
(x) jawaban yang dianggap BENAR
3. Jumlah
soal 30 butir dengan jawaban A, B, C, D, dan E
4.
Kerjakan soal dengan pilihan yang tepat
atau BENAR
A. PILIHAN
GANDA
1.
Dalam suatu masyarakat terdapat pedoman
pedoman dalam bertingkah laku yang dianggap baik, penting, luhur, pantas, dan mempunyai
daya guna fungsional bagi perkembangan hidup bersama merupakan hakikat dari. .
. . .
a. Norma
sosial
b. Aturan
sosial
c. Nilai
sosial .
d. Kaidah
sosial
e. Sikap
sosial
2. Menurut M. Z. Lawang nilai sosial adalah gambaran
mengenai,kecuali;
a.
berharga
b.
pantas
c.
Mempengaruhi
perilaku social
d.
lingkungan
sosial
e.
Orang
yang menilai
3. Dalam
keluarga Budi diajarkan bahwa menolong
itu baik sedangkan mencuri itu buruk. Hal ini merupakan ciri ciri
dari nilai sosial, yaitu :
a. Konsensus
sosial
b. Membentuk
pola dan sistem sosial
c. Mempunyai
pengaruh yang berbeda
d. Penetapan
dalam keluarga
e. Terbentuk
melalui sosialisasi (proses belajar)
4.
Hilangnya nilai sosial suatu masyarakat berarti musnahnya
karakteristik atau ciri khas masyarakat tersebut. Oleh karena
itu agar tidak musnah maka nilai ditengah masyarakat harus di ……
a. Ditetapkan
ditengah masyarakat
b. Ditransformasikan
ditengah masyarakat
c. Mencapai
consensus ditengah masyarakat
d. Membentuk
pola ditengah masyarakat
e. Menjadi
sistem sosial ditengah masyarakat
5.
Ciri-ciri nilai sosial:
1) Merupakan
konstruksi masyarakat sebagai hasil interaksi antarwarga masyarakat
2) Hasil
kesepakatan masyarakat
3) Terbentuk
melalui komunikasi
4) Warga
masyarakat sebagai pendukung sangat menaatinya
5) Cenderung
berkaitan satu sama lain
6) Dapat mempengaruhi
pengembangan diri social
Dari
pernyataan diatas, manakah yang termasuk ciri-ciri nilai sosial:
a. 1, 2, 3,
4
b. 2, 4, 5,
6
c. 1, 2, 5,
6
d. 1, 3, 5,
6
e. 3, 4, 5
,6
6.
Nilai menghargai persahabatan dipelajari anak
dari sosialisasinya dengan teman-teman sekolah. Penyataan tersebut merupakan
ciri-ciri nilai sosial yang didapat melalui…
a. Proses
belajar
b. Proses
interaksi
c. Peraturan
social
d. Pengaruh
pengembangan diri sosial
e. Sejak
lahir
7.
Dibawah ini yang tidak merupakan cirri-ciri
niai sosial adalah…
a. Terbentuk
melalui sosialisasi
b. Terbentuk
melalui sistem sosial bervariasi
c. Terbentuk
melalui interaksi antar anggota masyarakat
d. Terbentuk
melalui proses belajar
e. Terbentuk
melalui perubahan sosial
8.
Berikut ini yang merupakan ciri-ciri
nilai sosial adalah kecuali . . . . .
a. Bervariasi
antara kebudayaan yang satu dengan yang lain
b. Bukan
bawaan lahir, tetapi disebarkan atau disosialisasikan melalui anggota
masyarakat yang satu pada orang lain
c. Tidak
memiliki efek yang berbeda terhadap individu dan masyarakat
d. Tercipta
melalui interaksi sosial
e. Melibatkan
unsur emosi kejiwaan dan mempengaruhi pengembangan pribadi, baik positif maupun
negative
9.
Merupakan bagian dari usaha pemenuhan
kebutuhan dan kepuasan sosial manusia serta membentuk pola dan sistem sosial,
merupakan :
a. Tujuan
nilai sosial
b. Cirri
cirri nilai sosial
c. Mamfaat
nilai sosial
d. Hakikat
nilai sosial
e. Prinsip
nilai sosial
10.
Merupakan konstruksi masyarakat sebagai hasil
interaksi dalam masyarakat, hal ini merupakan salah satu ciri-cri dari nilai
sosial, apa contoh dari ciri-ciri tersebut.....
a. Menghargai
orang lain
b. Menghargai
orang tua
c. Saling
menghargai
d. Menolong
orang saat di copet
e. Berprilaku
yang baik
11. Apa
contoh dari cirri cirri nilai sosial yang punya pengaruh berbeda beda terhadap
individu....
a. nilai menghargai
antri menjadi tertib tidak nya seseorang
b. nilai
mengutamakan uang di atas segala membuat orang berusaha mencari uang
sebanyak-banyaknya, namun nilai kebahagian lebih penting dari uang membuat
orang lebih mengutamakan hubungan baik dengan sesama
c. seorang
anak bisa menerima nilai menghargai waktu
d. nilai
menghargai persahabatan di pelajari anak dari sosialisasi
e. di eropa
orang sangat menghargai waktu,sebalik nya di indonesia keterlambatan dalam
jangka waktu lama masih bisa di maklumi
12.
Berikut ini yang merupakan ciri-ciri nilai
sosial, adalah
a. tidak
memiliki efek yang berbeda terhadap individu dan masyarakat
b. merupakan
bawaan lahir,
c. tidak disosialisasikan
melalui anggota masyarakat yang satu pada orang lain
d. tidak
tercipta melalui interaksi
e. didapat
dari proses belajar
13.
Suatu nilai sosial akan tetap hidup
dalam masyarakat karena nilai sosial merupakan…
a.
Mengakomodasikan kepentingan penguasa
b. Konstruksi
masyarakat sebagai hasil interaksi sosial masyarakat
c. Tidak
ada individu yang berani mengubahnya
d. Nilai
sesuai dengan kepentingan kelompok pribumi
e. Didukung
oleh pimpinan masyarakat yang otoriter
14.
Perhatikan
pernyataan berikut!
1. Berbeda-beda pada tiap kelompok
manusia
2. Ditentukan oleh pihak penguasa
3. Memiliki sanksi yang tegas
4. Berupa ukuran atau peraturan sosial
yang turut memenuhi kebutuhan-kebutuhan sosial
Pernyataan yang merupakan ciri nilai
sosial adalah ….
a. 1
dan 2
b. 1
dan 4
c. 3
dan 4
d. 2
dan 3
e. 2
dan 4
15.
Dalam keluarga pak Tahirman dari kecil
anaknya sudah diajarkan bahwa menerima pemberian dari orang lain dengan
menggunakan tangan kanan, sehingga sampai dewasa pun anak – anaknya tetap
memegang teguh ajaran tersebut. hal diatas merupakan ciri – ciri nilai yang ….
a. Kontruksi interaksi masyarakat
b. Merupakan
bagian dari usaha pemenuhan kebutuhan dan kepuasan sosial manusia
c. Memiliki
pengaruh yang berbeda antarwarga masyarakat.
d. Cenderung
berkaitan satu sama lain dan membentuk sistem nilai
e. Terbentuk melalui sosialisasi
16.
Di dalam keluarga Pak Perdana
mengajarkan kepada anak – anaknya untuk tidak boleh mengambil milik orang lain
dan selalu berkata jujur, sehingga Setelah dewasa anak – anaknya menjadi orang
– orang yang bisa dipercaya. Hal diatas merupakan ciri nilai social sebagai…………
a. konstruksi
masyarakat sebagai hasil interaksi antarwarga masyarakat.
b. Memiliki
pengaruh yang berbeda antarwarga masyarakat
c. Cenderung
berkaitan satu sama lain dan membentuk sistem nilai
d. Merupakan
bagian dari usaha pemenuhan kebutuhan dan kepuasan sosial manusia
e. Dapat
mempengaruhi perkembangan diri seseorang
17. Fungsi nilai sosial dalam kehidupan
masyarakat adalah, KECUALI…
a. Memberikan seperangkat alat untuk menetapkan
harga sosial kelompok
b. Mengarahkan masyarakat dalam berfikir dan
bertingkah laku
c. Media untuk mengontrol perilaku manusia
d. Alat solidaritas di kalangan anggota kelompok
dan masyarakat
e. Untuk standardisasi kehidupan
individu dan anggota kelompok
18.
Yana
merupakan orang yang kurang mampu untuk membeli buku paket sosiologi didalam
kelas X IPS 1, tetapi dila adalah anak yang mampu, disaat jam pelajaran usai
dila menghampiri yana untuk meminjamkan bukunya untuk diphoto kopi ini
merupakan fungsi nilai….
a. Sebagai alat factor pendorong
b. Sebagai alat pengawasan dengan daya
tekan dan pengikat tertentu
c. Sebagai benteng perlindungan
d. Sebagai alat solidaritas terhadap
kelompok
e. Sebagai alat petujuk arah dari cara
berpikir
19. Dengan adanya nilai sosial keberadaan dan keberlangsungan
masyarakat dapat terjaga. Hilangnya nilai sosial suatu masyarakat berarti
musnahnya karakteristik atau ciri khas masyarakat tersebut. Hal ini menunjukkan
fungsi nilai sosial sebagai:
a.
Petunjuk
arah
b.
Pengontrol
tindakan
c.
Pendorong
sikap manusia
d.
Alat
pemersatu masyarakat
e.
Benteng
perlindungan bagi keberadaan masyarakat
20.
Dibawah ini yang termasuk contoh fungsi nilai
sosial sebagai pelindung bagi keberadaan masyarakat adalah…
a.
Nilai kebudayaan
b. Nilai
mata uang
c. Nilai
pancasila
d. Nilai
tanah
e. nilai
mobil mewah
21.
Dalam sebuah rumah makan terdapat banyak orang
yang masing-masing tidak saling mengenal. Namun dengan duduk bersama maka
terjalin komunikasi. Maka, nilai sosial disini berfungsi, antara lain ...
a. Sebagai
alat solidaritas di kalangan anggota masyarakat
b. Sebagai
alat solidaritas individu
c. Sebagai
alat pemecah persatuan
d. Merupakan
tujuan awal tanpa akhir
e. Focus
tujuan dari nilai sosial
22.
Nilai-nilai yang ada dalam masyarakat ……
1)
makanan berguna untuk kesehatan badan
2)
agama memberikan arah dan pedoman hidup
3)
pakaian berfungsi melindungi jasmani manusia
4)
teknologi komunikasi berfungsi memudahkan
interaksi sosial
Nilai material dalam kehdupan bermasyarakat terdapat
pada nomor….
a.
1) dan 3)
b.
1) dan 2)
c.
2) dan 3)
d.
2) dan 4)
e.
3) dan 4)
23.
Telepon genggam bagi agen pulsa
elektrik, mesin jahit bagi tukang jahit, dan sepeda motor bagi tukang ojek
merupakan contoh nilai ....
a.
kebendaan
b.
vital
c.
material
d.
religius
e.
kebenaran
24.
Segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk
mengadakan aktivitas atau kegiatan, pernyataan tersebut termasuk kedalam
nilai……
a. Material
b. Kerohanian
c. Vital
d. Kebenaran
e. Estetika
25.
Nilai spiritual adalah nilai yang ada dalam
kejiawaan manusia yang terdiri atas……
a. Nilai
estetika, nilai moral, nilai ekonomi
b. Nilai
estetika, nilai moral, nilai religious
c. Nilai
moral, nilai rekreasi, nilai religious
d. Nilai
ekonomi, niai morali, nilai religious
e. Nilai
ekonomi, nilia rekreasi, nilai moral
26.
Dibawah ini yang bukan termasuk nilai sosial
menurut Notonegoro adalah ……
a. Nilai
material
b. Nilai
vital
c. Nilai
ekonomi
d. Nilai
spiritual
e. Nilai
religius
27.
Nilai
keindahan merupakan bagian dari nilai
a.
Kerohanian
b.
Material
c.
Ekonomis
d.
Vital
e. Politis
28.
Alif mengikuti
kegiatan dzikir akbar di Mesjid al azhar untuk menenangkan hatinya. Kegiatan
yang dilakukan alif termasuk dalam nilai ....
a.
Kerohanian
b.
Vital
c.
Material
d.
Kebenaran
e.
Keindahan
29.
Yang termasuk
dampak nilai sosial, kecuali...
a. Masyarakat menjadi teratur dalam berkendaraan
b. Seorang anak bisa menerima nilai menghargai waktu
c. Bisa menghargai
antri pada pengambilan tiket
d. Bisa mempengaruhi perilaku orang yang memilki nilai
sosial
e. Bisa membeli buku pelajaran dari pada membeli komik
30.
Dibawah
ini yang termasuk proses terbentuknya nilai sosial adalah ...
a. karena
perubahan merupakan hakikat hidup manusia
b. tergantung
dengan laju perubahan dalam masyarakat
yang bersangkutan
c. terjadi
hubungan yang lebih teratur antar manusia sebagai mana yang diharapkan bersama
d. tumbuhnya
berbagai aturan yang kemudian diakui bersama secara sadar
e. adanya
sesuatu yang dianggap berharga dan dihargai dalam kehidupan masyarakat dan
manusia
B. ESSAY
1) Jelaskan
pengertian nilai sosial !
2) Kemukakan
ciri-ciri nilai sosial !
3) Kemukakan
fungsi nilai sosial beserta dengan contoh !
4) Berikanlah
contoh dari masing masing jenis nilai !
5) Mengapa
nilai sosial dianggap penting di tengah masyarakat dan bagaimana konsekuensinya
jika nilai sosial itu tidak ada.
KUNCI
JAWABAN
PILIHAN GANDA ( total
poin 60 : jika benar skornya 2 point)
1.
C 11.D 21.A
2.
D 12.E 22.A
3.
E 13.B 23.B
4.
B 14.B 24.C
5.
C 15.E 25.B
6.
D 16.E 26.C
7.
E 17.C 27.A
8.
A 18.D 28.A
9.
B 19.D 29.E
10.
C 20.A 30.D
ESSAY ( 40 poin)
1)
Pedoman, tingkah laku, baik dan benar,
masyarakat (per item poin nya 2) = 8
2)
Ada 7 buah cirri (Per item point nya 1) =
7
3)
Ada 3 fungsi (Per item poinya 3) =
9
4)
Ada 3 jenis (Per item poinnya 2) =
6
5)
(Per item poinya 5) menerangkan SEBAB-
AKIBAT =
10 +
40 poin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar