Daftar Blog Saya

Minggu, 10 Februari 2013

tugas 1 telaah kurikulum dan buku teks.


TELAAH KURIKULUM dan BUKU TEKS

Tujuan belajar adalah:
a)      Learning to know = belajar untuk mengetahui.
b)      Learning to live together = belajar untuk hidup bersama orang lain.
c)      Learning to do = kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), psikomotor (keterampilan). Terdapat dalam teori toksonomi bloom.
d)     Learning to be =belajar untuk mengetahui diri kita sendiri.

A. Definisi Telaah Kurikulum dan Buku Teks.

Telaah merupakan proses menganalisis/ kita analisis sedalam-dalamnya/ mengkaji sedalam-dalamnya, setuntas-tuntasnya, seluas-luasnya.

Kurikulum = currerre/ curreculae, berasal dari bahasa Yunani.
a)      Kurikulum (1956) merupakan sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didiknya untuk dapat dikatakan lulus/ mendapatkan ijazah.
b)      Kurikulum berdasarkan Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS), menurut UU No.20 Tahun 2003 mengatakan Kurikulum adalah sejumlah rencana dan peraturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran sebagai pedoman dalam kegiatan pelajaran untuk mencapai tujuan tertentu.
Jadi Kurikulum dapat disimpulkan sebagai seperangkat rencana yang disusun oleh lembaga pendidikan dalam rangka untuk mencapai tujuan tertentu.
Buku Teks adalah:
a)      Referensi (sumber pengetahuan).
b)      Mengkaji buku yang ditulis oleh para ahli (ahli sosiologi).

B.  Fungsi Kurikulum.

a)      Preventif  yaitu mencegah bagi pengguna kurikulum agar tidak keluar dari kurikulum itu sendiri (guru, kepala sekolah, dinas pendidikan).
b)      Korektif sebagai pedoman, acuan, rambu-rambu dalam pelaksanaan pendidikan.
c)      Konstruktif yaitu memberikan arah yang jelas bagi pelaksanaan dan pengembangan kurikulum.

C. Kegunaan Kurikulum.
a)      Guru =  (1) pedoman dalam membuat RPP, silabus dan media lainnya (2) pedoman dalam rangka proses pembelajaran (3) pedoman dalam hal melakukan penilaian terhadap proses dari pembelajaran itu sendiri.
b)      Kepala Sekolah = sebagai alat ukur proses pembelajaran. Apakah sudah berhasil atau belum.
c)      Pengawas = member acuan, koreksi, masukan dalam rangka bisa membimbing guru menjadi lebih baik lagi.
d)     Pemerintah = menjadi alat kontrol untuk meneliti hasil pembelajaran yang kemudian akan direkomendasi untuk pengembangan kurikulum dimasa depan.

D. Komponen Kurikulum.

a)      Tujuan
b)      Isi/ materi
c)      Metode
d)     Evaluasi

E.  Kompetensi yang Harus Dimiliki Guru.

Kompetensi merupakan kemampuan yang dikuasai oleh seseorang dalam segi pekerjaannya.

Kompetensi yang harus dimiliki seorang guru adalah:
a)      Kompetensi Professional yaitu pandai mendidik oran (murid), memiliki ilmu yang banyak, pandai, hebat, jenius, berwibawa, cakap dan sebagainya.
b)      Kompetensi Padagogie yaitu pandai mendidik orang. Maksudnya kemampuan yang dimiliki seorang pendidik untuk mampu mengajarkan peserta didik utuk tingkat SMA kebawah. Sedangkan Andragogie untuk mendidik orang-orang yang telah dewasa.
c)       Kompetensi Sosial yaitu mampu hidup bersama atau bisa bersosialisasi.
d)     Kompetensi Kepribadian yaitu bisa menjadi teladan atau contoh bagi orang lain.

Kurikulum itu sendiri bisa saja berubbah karena perubahan yang dibuat oleh Pendidikan Nasional. Hal itu dikarenakan kurikulum yang sedang berjalan mengalami kendala, serta tidak berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar