Daftar Blog Saya

Sabtu, 10 Mei 2014

metode kuantitatif


BAB I
KOMPONEN
EKSPERIMEN
EX POST FACTO
PTK
STUDI EVALUATIF
Judul
pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe rotating trio exctang terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI di SMA N 1 kubung kabupaten solok
Hubungan status masuk mahasiswa sosiologi dengan hasil belajar mahasiswa sosiologi
Meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada mata pelajaran Sosiologi dikelas XII IPS 3 SMA N 2 kota Solok
pelaksanaan kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran sejarah di SMA 1 lembah gumanti kabupaten solok
LBM
Ideal :
Siswa seharusnya mampu memahami konsep dalam materi pembelajaran sejarah dengan pemahaman konsepsi ini akan mengakibatkan hasil belajara yang meningkat

Penyimpangan :
Bahwa masih rendahnya pemahaman konsep siswa dalam materi pelajaran sejarah

Sebab umum
Faktor intern seperti jasmaniah, psikologis dan kelelahan
Faktor ekternal seperti keluarga, sekolah, dan masyarakat

Sebab khusus :
Sekolah merupakan faktor yang mempengaruhi mencakup metode mengajar, kurikulum, relasi guru, dan siswa serta relasi siswa dengan siswa

Solusi :
Guru harus menerapkan model pembelajaran yang baik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar
Ideal :
Mahasiswa sosiologi tamat seharusnya 4 tahun atau 8 semester  serta mendapatkan IPK di atas 3.00

Penyimpangan :
Banyaknya mahasiswa sosiologi yang lama menamatkan studinya dan IPK di perolehpun pada umumnya di bawah 3.00

Sebab umum :
Status masuk menentukan hasil belajar

Sebab khusus :
Strategi mahasiswa BIDIK MISI lebih unggul dari pada mahasiswa SNMPTN dalam kuliah
Ideal :
kesempatan kepada siswanya untuk melasanakan Sebagai salah satu koponen utama dalam proses pembelajaran diharapkan guru mampu menciptakan kondisi yang menyenangkan, sehingga siswa  termotivasi untuk belajar guru juga harus memberikan kegiatan bersama dala proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran tidak lagi berpusat kepada guru saja.

Penyimpangan :
Berdasarkan pengamatan penulis di SMA N2 Kota Solok, pmbelajaran geografi masih berpusat kepada guru  (teacher centered), dimana guru menjadi satu-satunya sumber dan pusat informasi. Sedangkan siswa hanya menerima dan dan mencatat apa yang dikatakan guru. Sehingga siswa tidak aktiv dan berminat dala belajar.

Sebab umum :
Hasil belajar geografi siswa di SMA N 2 Kota Solok untuk kelas XI Ips sebagian masih berada dibawah standar penilaian

Sebab khusus :
Karena guru menggunakan metode pembelajaran  geografi masih berpusat kepada guru, sehingga pembelajaran ini terasa membosankan dan siswa lebih memilih untuk permisi keluar kelas.

Solusi :
Agar terciptanya proses pembelajaran yang efisien dan efekti dimana siswa belajar aktiv dalam pembelajaran , seorang guru harus memilii kompetensi dalam mengajar. Salah satu kompetensi / kemampuan tersebut adalah kemampuan menggunakan metode pembelajaran.
melalui pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) diharapkan siswa nantinya aan lebih tertarik dngan pelajaran dan menjadi lebih aktif.
Ideal :
KKM adalah batas minimum yang harus di capai siswa dan penetapan batas minimal adalah dari dinas yaitu 70, serta guru juga wajib menentukan batas minimal yang harus sesuai dengan kemampuan siswa

Fenomena yg belum sesuai dengan ideal :
Guru belum mampu menentukan batas minimal yang sesuai dengan kemampuan siswa

Fenomena yg telah sesuai dengan ideal :
Peserta didik telah mampu mencapai batas minimal pada materi yang dianggap sulit oleh guru
BM
Ruang lingkup :
Di batasi pada Hasil belajar siswa pada aspek pemahaman konsep

Waktu dan tempat :
Januari-juni 2008/ SMA N 1 kubung


Ruang lingkup
Di batasi pada status masuk mahasiswa sosiologi dengan hasil belajar mahasiswa sosiologi

Tempat :
Jurusan sejarah fakultas ilmu sosial UNP
Ruang lingkup :
Mata pelajaran geografi kelas XI IPS

Tempat :
Sma N 2 Kota Solok

Waktu :
Juli – september 2008
Ruang lingkup :
Penelitian ini meninjau gambaran pelaksanaan KKM mata pelajaran sejarah di SMA N 1 lembah gumanti dilibatkan dari kriteria penetapan KKM yaitu kompleksitas daya, dukung, dan intake

Tempat dan waktu :
SMA 1 Lembah Gumanti / Januari-juli 2010
RM
Apakah terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe rotating trio exacting terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI di SMA N 1 kubung kabupaten solok?
Apakah ada hubungan antara status masuk mahasiswa sosiologi dengan hasil belajar mahasiswa sosiologi
Apakah ada peningkatan aktivitas belajar geografi siswa setelah melalui tipe  think pair share (TPS) di SMA N 2 Kota Solok?

Bagaimana gambaran pelaksanaan KKM mata pelajaran sejarah di SMA N 1 lembah gumanti dilibatkan dari kriteria penetapan KKM yaitu kompleksitas daya, dukung, dan intake


TP
Untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe rotating trio exctang terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI di SMA N 1 kubung kabupaten solok?

Untuk mengetahui hubungan status masuk mahasiswa sosiologi dengan hasil belajar mahasiswa sosiologi
Untuk melihat peningkatan aktivitas belajar geografi siswa setelah melalui tipe  think pair share (TPS) di SMA N 2 Kota Solok.

Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan KKM mata pelajaran sejarah di SMA N 1 lembah gumanti

MP
Akademis :
Sebagai bahan masukan bagi guru-guru dan sebagai salah satu alternatif pembelajaran dapat diterapkan disekolah untuk meningkatkan kemempuan pemahaman siswa

Praktis :
sebagai salah satu strategi pembelajaran yang membantu siswa menemukan  inti materi yang esensial dalam proses pembelajaran
Praktis :
Sebagai penelitian awal bagi peneliti berikutnya

Akademik :
Sebagai bahan masukan bagi lembaga pendidikan khususnya UNP

Praktis
Sebagai bahan pertimbangan bagi guru untu menggunakan  strategi belajar yang cocok dikelasnya

Teoritis/ akademik :
Sebagai bahan masukan kepada peneliti berikutnya dalam merancang penelitian pokok bahasan yang lainnya.


Praktis :
Sebagai penelitian awal bagi peneliti berikutnya

Akademis :
Sebagai informasi dan masukan bagi guru sejarah agar lebih meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam merealisasikan KKM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar