RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan :
Kelas/ Semester : X/ 1 (satu)
Tema :
Konsep Konsep Dasar Sosiologi
Sub Tema :
Nilai dan Norma
Pertemuan Ke- : 9
(sembilan)
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 2 Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan meta kognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan meta kognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 4 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya disekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu mengunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI
DASAR
KD 1 : Menerapkan konsep-konsep dasar sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan
kelompok serta antar kelompok.
KD 2 : Menganalisis berbagai gejala sosial dengan
menggunakan konsep konsep dasar sosiologi untuk memahami hubungan sosial di
masyarakat.
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Menjelaskan
pengertian nilai
2. Mendeskripsikan
ciri ciri nilai
3. Menginterpretasikan
bentuk bentuk nilai
4. Menjelaskan
fungsi nilai
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti proses pembelajaran siswa mampu mendeskripsikan nilai yang berlaku
dalam masyarakat
E. MATERI
AJAR
1. Pengertian
nilai
2. Ciri
ciri nilai
3. Bentuk
bentuk nilai
4. Fungsi nilai
Pengertian Nilai
Nilai adalah sesuatu
yang dianggap baik atau buruk ,pantas atau tidak pantas, berharga atau tidak
berharga yang ada ditengah-tengah masyarakat.
Ciri-ciri
Nilai Sosial
- Tercipta dari proses interaksi manusia secara intensif dan bukau dibawa sejak lahir
- Ditransformasikan melalui proses belajar
- Berupa ukuran dan peraturan sosial yang turut memenuhi kebutuhan sosial
- Berbeda pada tiap kelompok manusia
- Masing-masing nilai punya efek dan pengaruh yang berbeda bagi tindakan manusia
- Dapat mempengaruhi kepribadian individu sebagai anggota masyarakat
Peran/fungsi Nilai sosial
- Alat untuk menentukan harga soisial, kelas sosial dalam struktur stratifikasi sosial
- mengarahkan masyarakat untuk bertingkah laku sesuai dengan nilai-nilai
- memotivasi dan memberikan semangat pada manusia untuk mewujudkan dirinya dalam prilaku yangs sesuai harapan masyarakat
- Alat solidaritas atau mendorong masuarakat untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan
- Pengawas, pembatas, pendorong dan penekan individu untuk berbuat baik dan bermatuhi peraturan
Jenis
nilai sosial
1. Nilai material
Adalah
segala sesuatu yang berguna bagi manusia dan bernilai karena materi tersebut.
Contoh:
emas bernilai karena bentuk dan warnanya
2. Nilai vital
Adalah
segala sesuatu yang berguna bagi manusia dalam melaksanaan aktifitas dan
bernilai karena kegunaannya
Contoh:
kompor bernilai untuk memasak makanan
3. Nilai kerohanian
Adalah
segala sesuatu yang berguna bagi kebutuhan rohani manusia
Contoh:
pergi ke pengajian atau mendengar ceramah di mesjid bagi yang islam
F. METODE
PEMBELAJARAN
1. Metode
Ceramah
2. Metode
Tanya jawab
3. Penugasan
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
No
|
Waktu Pelaksanaan
|
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
1.
|
Kegiatan Pembuka
|
a.
Berdoa, salam, dan
absensi
b.
Apersepsi
(guru menanyakan materi
minggu lalu untuk mengetahui apakah siswa mengulang pelajaran di rumah atau
tidak)
c.
Motivasi
(Guru memberikan
motivasi pada siswa agar tetap focus dalam belajar)
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
1)
Eksplorasi
a.
Guru meminta siswa
untuk memperhatika gambar yang ditampilkan di layar infokus kemudian meminta
tanggapan dari beberapa siswa
b.
Setelah meminta
tanggapan siswa maka dari gambar teresebut siswa dapat memberikan pengertian
nilai, apa saja ciri- cirinya dan bagaimana fungsinya di tengah- tengah
masyarakat menurut pendapat siswa tersebut
2)
Elaborasi
a.
Guru mengarahkan siswa
untuk memberikan pengertian nilai
b.
Siswa mendengar
penjelasan dari guru tentang pengertian nilai dan macam-macam nilai sosial.
c.
Guru meminta siswa
untuk menggungkapkan contoh kasus
atau tindakan seseorang atau masyarakat yang pantas ditiru dan yang mesti
dihindari dan dituliskan di kertas selembar
d.
Guru mengaitkan
tanggapan siswa dengan konsep nilai.
e.
Guru menjelaskan
pentingnya nilai bagi seseorang
dalam masyarakat
f.
Guru menjelaskan ciri-
ciri nilai, jenis nilaidan fungsi nilai bagi masyarakat
3)
Konfirmasi
a.
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi yang belum dipahami
|
60 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
|
a.
Guru meminta siswa
untuk menyimpulkan materi pembelajaran
b.
Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
c.
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengamati nilai-
nilai yang dianggap penting dan nilai- nilai yan telah menjadi kebiasaan
dalam masyarakat.
a.
Pelajaran diakhiri
dengan mengucapkan hamdalah
|
15 menit
|
H. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
1. Sumber
:
a) Sosiologi
jilid1 untuk SMA/ MA kelas X karangan Bondet Wrahatnala
b) Pengantar
sosiologi karangan Elly M Setiadi dan Usman Kolip
c) Internet
2. Alat
Belajar : Papan Tulis, infocus, dan spidol.
3. Media
: Power Point
I. PENILAIAN
PROSES DAN HASIL BELAJAR
1) Penilaian Proses :
Format Penilaian:
No.
|
Nama
|
Keaktifan
|
Mengahargai pendapat
|
Penguasaan materi
|
bahasa
|
Nilai
|
||||||||||||||||
1.
|
![]() |
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
2.
|
||||||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||||||
4.
|
Keterangan:
Nilai :
10-100
Nilai ideal :
20
Rumusan nilai 

nilai 



Kategori penilaian : Rentang nilai :
·
Angka 1 :
sangat tidak baik : 0-20 : E
·
Angka 2 :
kurang baik :
21-40 : D
·
Angka 3 :
cukup baik :
41-60 : C
·
Angka 4 : baik : 61-80 : B
·
Angka 5 :
sangat baik :
81-100 : A
2) Penilaian
Laporan Kerja Siswa
Format Penilaian:
No.
|
Nama
|
Ketepatan
|
kelengkapan
|
keaslian
|
kerapian
|
Nilai
|
||||||||||||||||
1.
|
![]() |
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
2.
|
||||||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||||||
4.
|
Keterangan:
Nilai :
10-100
Nilai ideal :
20
Rumusan nilai 

nilai 



Kategori penilaian : Rentang nilai :
·
Angka 1 :
sangat tidak baik : 0-20 : E
·
Angka 2 :
kurang baik :
21-40 : D
·
Angka 3 :
cukup baik :
41-60 : C
·
Angka 4 : baik : 61-80 : B
·
Angka 5 :
sangat baik :
81-100 : A
3) Penilaian Akhir
a.
Bentuk :
Tertulis
b.
Tipe : essay
c.
Soal :
a)
Jelaskanlah pengertian nilai yang ada
ditengah tengah masyarakat
b)
Deskripsikanlah ciri- ciri nilai yang
berlaku dalam masyarakat
c)
Interpretasikan lah masing masing bentuk
nilai yang ada dalam masyarakat
d)
Jelaskanlah kembali fungsi fungsi nilai
yang berada di tengah masyarakat.
Padang, 6 Mei 2014
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Zulfanida,
M.Pd Widiya
Trisna S.Pd
Nip:
195702161981032002 Nip:
11018172011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar