Daftar Blog Saya

Sabtu, 10 Mei 2014

contoh rpp ktsp widiya


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                             
Mata Pelajaran                    : Sosiologi
Kelas/ Semester                  : X/ 1 (satu)
Pertemuan Ke-                   :  9 (sembilan)
Alokasi Waktu                   : 2 x 45 menit


STANDAR KOMPETENSI         Memahami Perilaku Keteraturan Hidup sesuai dengan Nilai dan Norma yang Berlaku di Masyarakat

KOMPETENSI DASAR              Mendiskripsikan Nilai dan Norma yang Berlaku di Masyarakat

INDIKATOR                              :
ü  Menjelaskan pengertian nilai
ü  Mendeskripsikan ciri ciri nilai
ü  Menginterpretasikan bentuk bentuk nilai
ü  Menjelaskan fungsi nilai

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN        

Setelah mengikuti proses pembelajaran siswa mampu mendeskripsikan nilai yang berlaku dalam masyarakat


B.     MATERI PEMBELAJARAN

1.      Pengertian nilai
2.      Ciri ciri nilai
3.      Bentuk bentuk nilai
4.       Fungsi nilai

C.     METODE PEMBELAJARAN

1.      Metode Ceramah
2.      Metode Tanya jawab
3.      Penugasan


D.                 LANGKAH – LANGKAH  KEGIATAN PEMBELAJARAN

No
Waktu Pelaksanaan
Kegiatan
Alokasi waktu
1.
Kegiatan Pembuka
a.      Berdoa, salam, dan absensi
b.      Apersepsi
(guru menanyakan materi minggu lalu untuk mengetahui apakah siswa mengulang pelajaran di rumah atau tidak)
c.       Motivasi
(Guru memberikan motivasi pada siswa agar tetap focus dalam belajar)
15 menit
2.
Kegiatan Inti
1)      Eksplorasi
a.      Guru meminta siswa untuk memperhatika gambar yang ditampilkan di layar infokus kemudian meminta tanggapan dari beberapa siswa
b.      Setelah meminta tanggapan siswa maka dari gambar teresebut siswa dapat memberikan pengertian nilai, apa saja ciri- cirinya dan bagaimana fungsinya di tengah- tengah masyarakat menurut pendapat siswa tersebut
2)      Elaborasi
a.      Guru mengarahkan siswa untuk memberikan pengertian nilai
b.      Siswa mendengar penjelasan dari guru tentang pengertian nilai dan macam-macam nilai   sosial.
c.       Guru meminta siswa untuk menggungkapkan   contoh kasus atau tindakan seseorang atau masyarakat yang pantas ditiru dan yang mesti dihindari dan dituliskan di kertas selembar
d.      Guru mengaitkan tanggapan siswa dengan konsep nilai.
e.      Guru menjelaskan pentingnya nilai bagi seseorang         dalam masyarakat
f.        Guru menjelaskan ciri- ciri nilai, jenis nilaidan fungsi nilai bagi masyarakat
3)      Konfirmasi
  1. Guru bersama siswa kembali mendiskusikan materi yang telah disampaikan
a.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi yang belum dipahami

60 menit
3.
Kegiatan Penutup
a.       Guru meminta siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
c.       Guru memberikan  tugas kepada siswa untuk mengamati nilai- nilai yang dianggap penting dan nilai- nilai yan telah menjadi kebiasaan dalam masyarakat. 
a.       Pelajaran diakhiri dengan mengucapkan hamdalah
15 menit


E.      SUMBER PEMBELAJARAN        :
1.     Buku materi sosiologi kelas x
2.     Buku LKS untuk siswa
3.     Sosiologi suatu pengantar, Soeryono Soekanto, 1990
4.     Gambar – gambar yang relevan
5.     Artikel – artikel ( internet, majalah, koran dsb.

F.      PENILAIAN                                  :
1.     Teknik                          : tes tertulis
2.     Bentuk Instrumen         : tes uraian
3.     Soal Instrumen             :
1)     Jelaskan pengertian norma dan nilai
2)     Sebutkan perbedaan nilai dan norma
3)     Beerikan contoh peran nilai dan norma dalam masyarakat!
4)     Jelaskan dan beri contoh ketauladanan Rosul !
5)     Klasifikasikan kasus – kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat




Padang, 6 Mei 2014
Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran

Zulfanida, M.Pd                                             Widiya Trisna S.Pd
Nip: 195702161981032002                            Nip: 11018172011


Tidak ada komentar:

Posting Komentar