RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Kelas/ Semester :
X/ 1 (satu)
Pertemuan Ke- : 9 (sembilan)
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
STANDAR KOMPETENSI Memahami Perilaku Keteraturan Hidup sesuai
dengan Nilai dan Norma yang Berlaku di Masyarakat
KOMPETENSI DASAR Mendiskripsikan Nilai dan Norma
yang Berlaku di Masyarakat
INDIKATOR :
ü Menjelaskan
pengertian nilai
ü Mendeskripsikan
ciri ciri nilai
ü Menginterpretasikan
bentuk bentuk nilai
ü Menjelaskan
fungsi nilai
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti proses pembelajaran
siswa mampu mendeskripsikan nilai yang berlaku dalam masyarakat
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian
nilai
2. Ciri
ciri nilai
3. Bentuk
bentuk nilai
4. Fungsi nilai
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Metode
Ceramah
2. Metode
Tanya jawab
3. Penugasan
D.
LANGKAH – LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Waktu Pelaksanaan
|
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
1.
|
Kegiatan Pembuka
|
a.
Berdoa, salam,
dan absensi
b.
Apersepsi
(guru menanyakan
materi minggu lalu untuk mengetahui apakah siswa mengulang pelajaran di rumah
atau tidak)
c.
Motivasi
(Guru
memberikan motivasi pada siswa agar tetap focus dalam belajar)
|
15
menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
1)
Eksplorasi
a.
Guru meminta
siswa untuk memperhatika gambar yang ditampilkan di layar infokus kemudian
meminta tanggapan dari beberapa siswa
b.
Setelah
meminta tanggapan siswa maka dari gambar teresebut siswa dapat memberikan
pengertian nilai, apa saja ciri- cirinya dan bagaimana fungsinya di tengah-
tengah masyarakat menurut pendapat siswa tersebut
2)
Elaborasi
a.
Guru
mengarahkan siswa untuk memberikan pengertian nilai
b.
Siswa
mendengar penjelasan dari guru tentang pengertian nilai dan macam-macam
nilai sosial.
c.
Guru meminta
siswa untuk menggungkapkan contoh
kasus atau tindakan seseorang atau masyarakat yang pantas ditiru dan yang
mesti dihindari dan dituliskan di kertas selembar
d.
Guru
mengaitkan tanggapan siswa dengan konsep nilai.
e.
Guru
menjelaskan pentingnya nilai bagi seseorang dalam masyarakat
f.
Guru
menjelaskan ciri- ciri nilai, jenis nilaidan fungsi nilai bagi masyarakat
3)
Konfirmasi
a.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi yang belum
dipahami
|
60
menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
|
a.
Guru meminta
siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran
b.
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah
diajarkan
c.
Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk
mengamati nilai- nilai yang dianggap penting dan nilai- nilai yan telah menjadi
kebiasaan dalam masyarakat.
a.
Pelajaran
diakhiri dengan mengucapkan hamdalah
|
15
menit
|
E. SUMBER PEMBELAJARAN :
1. Buku materi sosiologi kelas x
2. Buku LKS untuk siswa
3. Sosiologi suatu pengantar, Soeryono Soekanto, 1990
4. Gambar – gambar yang relevan
5. Artikel – artikel ( internet, majalah, koran dsb.
F. PENILAIAN :
1. Teknik :
tes tertulis
2. Bentuk Instrumen :
tes uraian
3. Soal Instrumen :
1) Jelaskan pengertian norma dan nilai
2) Sebutkan perbedaan nilai dan norma
3) Beerikan contoh peran nilai dan norma dalam
masyarakat!
4) Jelaskan dan beri contoh ketauladanan Rosul !
5) Klasifikasikan kasus – kasus pelanggaran nilai dan
norma yang berlaku dalam masyarakat
Padang,
6 Mei 2014
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Zulfanida, M.Pd Widiya
Trisna S.Pd
Nip: 195702161981032002 Nip:
11018172011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar